Selaraskan Program, Pemkab Muara Enim Gelar Forum Perangkat Daerah

Pemerintah Kabupaten Muara Enim menyelenggarakan kegiatan Forum Perangkat Daerah (FGD), Senin (11/03/2019) di ruang rapat Pangripta Bappeda Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten Muara Enim menyelenggarakan kegiatan Forum Perangkat Daerah (FGD), Senin (11/03/2019), di ruang rapat Pangripta Bappeda Muara Enim.

Bupati Muara Enim Ahmad Yani menyampaikan, FGD ini menyelaraskan usulan masyarakat melalui hasil Musrenbang Kecamatan dan Desa/Kelurahan, pokok pikiran DPRD dan rencana program yang diusulkan perangkat daerah, dengan memperhatikan arah kebijakan dan prioritas pembangunan Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

Outputnya lanjut dia, adalah rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2020, sebagai penyempurnaan dari rancangan awal RKPD Kabupaten Muara Enim tahun 2020 yang telah disusun sebagai proses perencanaan teknokratik.

Baca Juga:

“Menyusun RKPD tahun 2020 yang bersifat aspiratif, tentunya diperlukan koordinasi, konsultasi, dan sinkronisasi program dan kegiatan dari seluruh pemangku kepentingan. Wujud konsultasi, koordinasi, dan sinkronisasi yang dimaksud diantaranya dilakukan melalui FGD ini, sebagai bahan Musrenbang Kabupaten Muara Enim Tahun 2019 yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat,” kata Yani.

Dikatakan dia, Forum Perangkat Daerah ini juga maksudkan untuk menyelaraskan usulan-usulan dari arus bawah, sehingga upaya menyusun program pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat.

“Saya berharap pelaksanaan Forum Perangkat Daerah ini akan dibahas rencana program dan kegiatan yang benar-benar prioritas, sehingga output berupa berupa RKPD), Renja perangkat daerah, Kebijakan Umum APBD, Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS), dan APBD 2020, semakin aspiratif dan akomodatif sesuai dengan harapan masyarakat Kabupaten Muara Enim,” kata Yani.

Diakhir sambutannya Yani berharap penyusunan alokasi anggaran dalam program prioritas tahun 2020 dilakukan secara proporsional, sesuai ketersediaan anggaran serta dapat mencapai target yang telah tetapkan

“Diharapkan kepada seluruh perangkat daerah dan jajarannya, untuk mengikuti dan membahas, serta mensinergikan program/kegiatan dengan baik, sehingga hasil rumusan rencana program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 nanti benar-benar menampung aspirasi dan kebutuhan masyarakat,” harapnya.