Yani: MTQ Ajang Silaturrahmi dan Mempelajari Al-Quran

Bupati Muara Enim Ahmad Yani memukul bedug tanda dimulainya MTQ ke-36 tingkat Kabupaten Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM – Bupati Muara Enim Ahmad Yani menyampaikan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 tingkat Kabupaten Muara Enim selain sebagai ajang  silaturahmi juga untuk mempelajari Al-Quran.

“Kegiatan MTQ ini menjadi momentum dalam mempererat tali silaturahim serta mempelajari, mengkaji dan memperdalam ilmu agama islam, khususnya dalam mempelajari Al-Quran,” kata Yani saat membuka MTQ Kabupaten Muara Enim di Lapangan Merdeka, Kota Muara Enim, Senin (18/3/2019).

Yani mengatakan, MTQ ini juga mempunyai peran penting dalam penyeleksian para kafilah untuk mengikuti seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke-25 tingkat Provinsi Sumatera Selatan di Kabupaten Musi Rawas Utara pada  24 – 30 Maret 2019 mendatang.

“Nantinya diharapkan kafilah kita mampu berlomba dengan kafllah-kafilah dari kabupaten lain pada Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke-25 tingkat Provinsi Sumatera Selatan di Kabupaten Musi Rawas Utara dan selanjutnya dapat mengikuti MTQ) di tingkat nasional bahkan internasional,” ujarnya.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan yang juga Plt Kepala Bagian Kesra Pemkab Muara Enim Zulfikar mengatakan, MTQ dan pergelaran seni islam tingkat Kabupaten Muara Enim mengambil tema “Kita jadikan Kabupaten Muara Enim yang agamis” dilaksanakan mulai 17 Maret -23 maret 2019.

“Untuk pesertanya dari 20 kecamatan yang ada di Muara Enim, dimana dimasing-masing kecamatan mengirimkan 52 orang termasuk pelatih dan official. Untuk perlombaannya akan digelar di 12 masjid yang ada di Kecamatan Muara Enim,” urainya.

Dalam kesempaan tersebut Bupati Muara Enim Ahmad Yani didampingi Wakil Bupati Muara Enim Juarsah dan para pejabat Pemkab Muara Enim, membuka pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten ke-36 dengan pemukulan bedug.