Legenda Putri Dayang Merindu di Goa Putri

Foto: Jhoni Satria Fotografi

Foto: Jhoni Satria Fotografi

Bagi anda yang suka dengan wisata petualangan, objek wisata Goa Putri bisa menjadi pilihan untuk anda kunjungi. Berada di Desa Pandang Bindu, Kecamatan Semindang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Baturaja, Sumatera Selatan.

Goa putri berjarak 230 kilometer dari Kota Palembang dengan jarak tempuh sekitar tujuh jam. Anda bisa menyewa mobil dari Kota Palembang untuk sampai ke lokasi goa. Jika anda menggunakan kendaraan umum, anda dapat mengambil bus jurusan Palembang – Baturaja.

Namun disarankan untuk membawa kendaraan pribadi, karena goa ini terletak sekitar satu kilometer dari jalan Lintas Sumatera Baturaja – Muara Enim. Tidak ada kendaraan umum menuju lokasi goa. Saat ini Goa putri menjadi salah satu objek wisata andalan di Sumatera Selatan.

Menurut ledenda masyarakat OKU, Konon dahulu kala hiduplah seorang putri bernama Putri Dayang Merindu, selir dari Prabu Amir Rasyid, penguasa Kerajaan Ogan. Pada suatu hari di saat sang puteri sedang mandi di Muara Sungai Semuhun, lewatlah seorang pengembara bernama Serunting Sakti atau Si Pahit Lidah.

Melihat sang sang Puteri, timbul perasaan si Serunting Sakti atau Si Pahit Lidah ingin menyapa. Namun, saat itu tidak mendapat perhatian sama sekali

sehingga merasa gusar. “Sombong sekali puteri ini, diam seperti batu, ujarnya. Tiba-tiba saja, tubuh puteri Dayang Merindu berubah menjadi batu. Itulah sekelumit kisah legenda goa putri ini.

Goa Putri merupakan goa terbesar dari lima goa yang ada di perbukitan karst Bukit Barisan di Desa Padangbindu. Memiliki kedalaman sekitar 150 meter, dengan ketinggian sekitar 20 meter dan lebar 20-30 meter.

Untuk menikmati keindahan goa, anda akan dikenakan retribusi Rp 5.000,- perorang dan kendaraan Rp 10.000,-. Menulusuri dalam goa, anda akan menemukan banyak bebatuan stalaktit, yaitu yaitu sejenis mineral sekunder yang menggantung di langit-langit gua dan Stalagmit adalah batuan berbentuk kerucut es yang menghadap ke atas di lantai gua. Penampakan stalaktit dan stalakmit ini menjadi sangat indah karena pantulan lampu yang berwarna-warni meneranginya.

Beberapa batuan yang berada di dalam goa berbentuk unik, ada yang menyerupai singasana raja, panggung, manusia, bahkan mirip harimau. Keunikan lain goa ini adalah, anda tidak akan masuk dan keluar dari jalan yang sama. Anda akan keluar dari sisi samping goa yang letaknya agak tinggi.

Tidak banyak dijumpai penjual makanan dan minuman di di Goa Putri, karena letak goa yang berada agak jauh dari jalan raya. Pengunjung disarankan untuk membawa makanan dan minumnan sendiri.