Tingkatkan Produksi Padi, Pemkab Muara Enim Anggarkan Rp43,2 Miliar

Wakil Bupati Muara Enim saat panen raya di Karang Agung Desa Karang Raja, Senin (18/4).

Wakil Bupati Muara Enim saat panen raya di Karang Agung Desa Karang Raja, Senin (18/4).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Pemerintah Kabupaten Muara Enim menganggarkan Rp43,2 miliar untuk mencapai tambahan produksi padi di 2016.

(Baca Juga: Sungai Aur Meluap, Ratusan Rumah Di Kota Muara Enim Terendam)

Demikian disampaikan Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman saat melakukan panen perdana padi di Karang Agung Desa Karang Raja, Muara Enim, Senin (18/4).

Menurut Nurul Aman pemerintah telah menetapkan kebutuhan beras dalam negeri tahun 2016 ini mencapai 76,23 juta ton gabah kering giling (GKG).

(Baca Juga: Bupati Muara Enim Akan Pecat PNS Terlibat Narkoba)

Untuk mendukung mencapai target tersebut lanjut Nurul, berbagai upaya untuk meningkatkan produksi dilakukan oleh Pemkab Muara Enim. Salah satunya adalah mengoptimalkan fungsi lahan pertanian dan menambah anggaran untuk peningkatan produksi padi.

“Kita target produksi padi tahun 2016 ini 140.985 ton GKG. Untuk memenuhi target tersebut melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura telah dialokasikan dalam APBD Muara Enim sebesar Rp43,2 miliar,” jelas Nurul.

(Baca Juga: Dua PNS Muara Enim Ditangkap Karena Narkoba)

Nurul mengatakan di tahun 2015 untuk meningkatkan produksi dilakukan melalui kegiatan peningkatan produktivitas dan peningkatan luas tanam, serta pendanaan melalui APBN dan APBD Kabupaten Muara Enim. Masih ditahun yang sama produksi padi di Kabupaten Muara Enim melampaui target yang ditetapkan.

“Target produksi padi tahun 2015 adalah sebesar 138.220 ton GKG. Sedangkan realisasinya mencapai 139.937 ton GKG. Ada kelebihan target mencapai 1.717 ton GKG,” tambah Nurul.

Nurul berharap kepada kelompok tani agar terus melakukan peningkatan intesitas pertanaman setelah panen. Untuk mendukung hal tersebut, Nurul meminta kepada Dinas Tanaman Pangan dan Holtikulura untuk mempersiapkan bantuan benih  padi khususnya bagi kelompok tani yang akan melakukan penanaman kedua setelah panen perdana.

(Baca Juga: Bupati Muara Enim Terima Penghargaan Perpuseru dari Coca Cola Foundation)

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Karang Agung, Syamsudin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang sudah membantu dari awal hingga dapat melaksanakan panen. (Baca Juga:  Arviyan Arifin Jadi Dirut PTBA)

“Terima kasih kepada Pemkab Muara Enim yang telah banyak membantu, sehingga lahan yang hampir 20 tahun tidak dimanfaatkan sekarang sudah bisa menghasilkan. Kami akan terus berupaya meningkatkan hasil panen,” kata Syamsudin.

Lahan yang dipanen merupakan milik Kelompok Tani Karang Agung Desa Karang Raja Kecamatan Muara Enim. Lahan seluas 51 hektar ini awalnya hanya lahan tidur yang tidak dimanfaatkan secara optimal oleh petani.

(Baca Juga: PTBA Bagikan Deviden Rp 611 Miliar)

Panen perdana padi juga dihadiri Kasdim 0404 Muara Enim Mayor Inf Nurwaliyanto, Kajari Muara Enim Adhyaksa Darma dan Wakil Kapolres Muara Enim Kompol Ari Mujiono.