DPRD Muara Enim Gelar 2 Sidang Paripurna Pemekaran Kabupaten Gelumbang

Rapat Paripurna DPRD Muara Enim tentang Pemekaran Kabupaten Gelumbang

Rapat Paripurna DPRD Muara Enim tentang pembentukan daerah persiapan Kabupaten Gelumbang, Selasa (30/08/2016)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muara Enim menggelar dua sidang paripurna terkait pengesahan rencana pemekaran Kabupaten Gelumbang, pagi ini, Selasa (30/08/2016).

Paripurna pertama tentang pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pembentukan organisasi daerah, disusul paripurna kedua tentang persetujuan bersama pembentukan daerah persiapan Kabupaten Gelumbang.

Rapat paripurna dibuka oleh Ketua DPRD Muara Enim, Aries HB, dihadiri Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman, seluruh anggota DPRD Muara Enim, SKPD, FKPD dan undangan lainnya.

Bupati Muara Enim dalam sambutannya menyampaikan pemekaran Kabupaten Gelumbang sudah selayaknya dilakukan dan tidak bisa ditunda lagi, mengingat jarak antara Gelumbang dengan ibukota Kabupaten Muara Enim sebagai kabupaten induk sangat jauh.

Selain itu, lanjut Muzakir, dari sisi efisiensi pelayanan terhadap masyarakat dengan dimekarkannya Gelumbang menjadi kabupaten akan lebih maksimal.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Muara Enim, Faizal Anwar, mengatakan, rencana pemekaran Gelumbang sebagai kabupaten telah memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditentukan undang-undang serta memenuhi kriteria untuk dimekarkan menjadi kabupaten persiapan.

Kriteria tersebut lanjut Faizal, diukur dari indikator kemampuan keuangan, geografis, jumlah penduduk, maupun potensi ekonomi atau tapal batas semuanya sudah lengkap dan Gelumbang sudah pantas untuk dimekarkan.

“Seluruhnya sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan undang-undang, kemampuan potensi keuangan, potensi minyak dan gas dan potensi alam lainnya, secara ekonomi Gelumbang layak jadi Kabupaten,” urainya.

Teradapat enam kecamatan di Gelumbang yang bakal dimekarkan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) yakni Kecamatan Gelumbang, Kecamatan Sungai Rotan, Lembak, Kecamatan Muara Belida, Kecamatan Kelekar, dan Kecamatan Belida Darat.