Peta DOB Gelumbang ditandatangani Ketua DPRD Muara Enim

Ketua DPRD Muara Enim, Aries HB, menandatangani peta DOB Kabupaten Gelumbang.

Ketua DPRD Muara Enim, Aries HB, menandatangani peta DOB Kabupaten Gelumbang.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Setelah sebelumnya Bupati Muara Enim menandatangani peta menandatangani peta Daerah Otonomi Baru (DOB) Gelumbang, kali ini giliran Ketua DPRD Muara Enim menandatangani peta DOB Gelumbang yang dibuat secara resmi oleh Kodam II Sriwijaya.

“Alhamdulillah dalam waktu lebih kurang tiga bulan, peta wilayah calon Kabupaten Gelumbang sudah rampung ditandatangani oleh Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar dan Ketua DPRD Muara Enim Aries HB,” ungkap Hanan Zulkarnain, Ketua Presidium Pembentukan DOB Gelumbang kepada Palugadanews di Muara Enim, Rabu (1/2/2017).

BERITA LAINNYA:

Dikatakan Hanan, peta ini akan diserahkan ke Pemprov Sumsel untuk disetujui oleh kabupaten dan kota yang berbatasan langsung dengan Gelumbang, yaitu Kabupaten PALI, Kota Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Kota Palembang dan Kabupaten Banyu Asin.

Jika persyaratan itu telah lengkap, lanjutnya, diantaranya syarat fisik, syarat administrasi, dan syarat teknis diharapkan Gubernur Sumsel dan Ketua DPRD Sumsel dapat membuat persetujuan melalui rapat paripurna. Setelah itu akan dimintakan rekomendasi Depdagri untuk pembahasan UU DOB Gelumbang,

“Pembentukan Kabuaten Gelumbang ini semata-mata untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta mempercepat pembangunan di wilayah ¬†Gelumbang dan sekitarnya,” ujar Hanan.

Sementara itu Ketua Komisi 1 DPRD Muara Enim, Faizal Anwar, menyampaikan, peta calon Kabupaten Gelumbang ini merupakan proses lanjutan atas kesepakatan bersama eksekutif dan legislatif terhadap pemekaran wilayah Gelumbang untuk menjadi daerah otonomi baru.

“Mudah-mudahan penandatanganan peta ini mempercepat proses persiapan pemekaran Gelumbang menjadi daerah otonomi baru,” ujar Faizal.

Terdapat enam kecamatan di Gelumbang yang bakal dimekarkan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) yakni Kecamatan Gelumbang, Kecamatan Sungai Rotan, Lembak, Kecamatan Muara Belida, Kecamatan Kelekar, dan Kecamatan Belida Darat.