Tips Mengamakan Akun WhatsApp

wa

PALUGADANEWS.COM, JAKARTA — Siapa yang tidak menggunakan aplikasi chat Whats App saat ini? Hampir semua pengguna smartphone menggunakannya. Data per Januari 2015 pengguna aplikasi ini mencapai 700 milyar pengguna, angka yang fantastis.

Kecanggihan teknologi ini bila tidak dibarengi dengan kemampuan kita mengelolanya pasti menimbulkan masalah. Misalnya saja data kita di hack orang yang tidak bertanggung jawab pasti akan merepotkan kita.

Nah, saat ini WhatsApp telah meluncurkan fitur pengamaan terbaru bagi penggunanya,  yaitu dengan cara dua langkah verifikasi (two step verification). Fitur ini bertujuan untuk mencegah hecker mengakitvasi dan mengirimkan atau menerima pesan WhatsApp tanpa kita ketahui.

BERITA RAGAM LAINNYA:

Fitur ini telah pakai pada aplikasi WhatsApp untuk Android, iOS serta Windows. Dua langkah verifikasi ini akan meminta password ketika pengguna masuk ke akun WhatsApp.

Untuk mengaktifkan pengamanan ini, masuk ke menu setting (pengaturan), kemudian ke menu account, lalu pilih menu two-step verification. Selanjutnya aktifkan fitur tersebut dengan mengklik enable. Secara otomatis WhatsApp akan mengirimkan pesan singkat untuk mengakses menu two-step verification ini.

Setelah diaktifkan, masukan kata kunci berupa enam digit angka atau huruf. Lalu klik selanjutnya untuk mengulangi kata kunci. Selanjuntya kita akan diminta untuk menuliskan alamat email untuk menyetel ulang kata kunci jika kita lupa.

Email ini juga sekaligus untuk mengamankan akun WhatsApp kita dari para hecker. Kita dapat melewatkan langkah ini jika tidak menginginkannya. Namun langkah ini sangat dianjurkan untuk mengantisipasi jika kita lupa password. Jika kita lupa password, akun tidak dapat diakses kembali .

Selanjutnya masukan kembali alamat email yang sama dengan langkah sebelumnya dan akun WhatsApp anda sudah menggunakan fitur two-way verification.

Jika ingin menonaktifkan fitur two-way verification tersebut, lakukan langkah sebagai berikut, Settings, Account, Two-step verification lalu klik Disable.