Skip Challenge, Permainan Berbahaya dan Mematikan

Skip Challenge. (YouTube/ Muhammad Fajri Anugrah)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Belakangan ini media sosial dihebohkan oleh permainan tantangan terbaru yang menjadi tren dan ramai diikuti anak-anak muda. Permainan tantangan tersebut dikenal dengan nama skip challenge, atau di Amerika disebut passout challengge.

Skip sendiri mempunyai arti pingsan. Pemain diharuskan pingsan untuk dapat berhasil dalam tantangan ini. Pertama pemain menghisap oksigen sebanyak mungkin, lalu menahan nafas.

Kemudian tepat dibagian dada akan ditekan sekuat mungkin selama beberapa waktu, dengan begitu, orang yang memainkan tantangan ini menjadi kejang atau pingsan. Namun sebenarnya skip challenge ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

ARTIKEL PILIHAN REDAKSI:

Menurut dr Nastiti Kaswandani dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI, seperti di kutip dari laman cnnindonesia.com, segala hal yang membuat orang jatuh pada kondisi kekurangan oksigen itu berbahaya.

Saat dada ditekan dengan kuat, pembuluh darah besar akan tertekan dan menghambat aliran darah beroksigen ke otak. Hal ini akan menyebabkan orang akan kejang dan pingsan.

Terhambatnya oksigen ke otak ini disebut sebagai hypoxic-anoxic brain injury (HAI). Selain menyebabkan masalah seketika (sesak napas dan lainnya), aksi ini juga menyebabkan efek jangka panjang untuk tubuh. Aksi ini akan menyebabkan kematian sel tubuh, masalah penglihatan, kerusakan fungsi motorik tubuh.

Kejang, sesak napas, dan lainnya hanyalah efek kejang karena kekurangan oksigen dalam waktu singkat dan bisa ‘diterima’ tubuh. Namun Nastiti mengatakan, jika tubuh terlalu lama tak mendapat asupan oksigen, maka sel tubuh mulai rusak.

Kematian sel bisa terjadi setelah beberapa menit kekurangan oksigen dan menyebabkan berbagai masalah tubuh. Misalnya, kerusakan dan kematian sel di area mata akan mengganggu penglihatan, sedangkan kematian sel motorik akan menyebabkan gangguan fungsi motorik.

Gangguan motorik ini akan menyebabkan cedera serius pada si penerima tantangan karena mereka tidak bisa mengontrol tangan dan kaki untuk menghindari benda-benda saat mereka jatuh pingsan. Hal ini yang menyebabkan mereka punya banyak luka biasa maupun serius di berbagai anggota tubuh.

Hal lain yang lebih berbahaya akan terjadi jika sel otak dan sel tubuh lain yang tidak bisa diperbaiki ikut rusak. Beberapa masalahnya antara lain gejala stroke sampai gangguan kecerdasan. Hal ini juga bisa berujung pada kematian.

“Kalau masih dalam waktu sebentar sehabis pingsan mungkin akan sadar lagi. Sama saja jika kita menahan napas untuk menyelam. Yang sulit itu jika kebablasan,” tuturnya.

Nastiti mengatakan, dalam kondisi normal, manusia bisa menahan napas rata-rata sekitar 90 detik sampai maksimal empat menit.

Nastiti mengatakan, tidak ada keuntungan bagi yang melakukan skip challenge. Terkait hal ini, dikatakannya, perlu ada peran serta orang tua dan guru di sekolah untuk lebih waspada pada permainan modern yang populer di media sosial.

“Fenomena media sosial berpengaruh, skip challenge tidak ada keuntungannya sama sekali. Orang tua dan guru harus ikuti situasi berkembang kalau dia tidak ikuti media sosial susah juga,” ucapnya.