Target 1 Ton, BUMDes Mandiri Jaya Kembangkan Usaha Pupuk Bokashi

Pelatihan pupuk bokashi BUMDes Mandiri Jaya, Desa Tanjung Raja, Kecamatan Muara Enim, Sabtu (27/01/2018).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mandiri Jaya, Desa Tanjung Raja, Kecamatan Muara Enim, kembangkan usaha pupuk bokashi. Produk ini merupakan salah satu produk unggulan yang dikembangkan BUMDes tersebut.

Guna memaksimalkan produksi, BUMDes Mandiri Jaya menggelar pelatihan pengelolaan pupuk bokashi yang di Gedung Bank Sampah BUMDes Mandiri Jaya, Desa Tanjung Raja, Sabtu (27/01/2018). Kegiatan melibatkan para narasumber yang telah memproduksi pupuk bokashi.


Berita Terkait:


Pada pelatihan tersebut, badan usaha ini juga mengikutsertakan pemerintah desa, pendamping lokal desa (PLD), pengurus karang taruna, PKK, penggiat jamur tiram dan LPB Pama Kite Gale.

“Untuk tahap awal kita akan produksi 1 ton pupuk bokashi. Pelatihan ini kita gelar agar para pengurus dan pengelola badan usaha memiliki pengetahuan, baik secara materi dan juga praktek dalam membuat pupuk bokashi,” ujar Yeni Angraini, Sekretaris BUMDes Mandiri Jaya.

Yeni menuturkan, permintaan pupuk bokashi cukup tinggi, lantaran pupuk ini sangat bermanfaat bagi kesuburan tanah dan tanaman. Karena itu, BUMDes berkomitmen dan akan berusaha mengembangkan unit usaha pupuk bokashi secara maksimal.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Raja, Hisuliadi mengungkapkan, pihaknya akan terus melihat perkembangan usaha yang dijalankan BUMDes. Dengan harapan semua programnya mampu dioptimalkan.

“Kita berharap keberadaan BUMDes dengan kemajuan usaha yang dilaksanakan nantinya mampu mendukung dan mewujudkan tujuan dari pemerintah dalam membangun perdesaan menjadi desa yang lebih maju dan mandiri. Namun lebih dari itu dapat membuka lapangan kerja dan peningkatan pendapatan asli desa,” tutupnya.