Banjir Rendam SMPN 3 Belimbing, Aktivitas Belajar Tidak Terganggu

Banjir merendam halaman SMPN 3 Belimbing, Kamis (15/3/2018).

PALUGADANEWS.COM,MUARA ENIM — Akibat curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Muara Enim, menyebabkan banjir di SMP Negeri 3 Belimbing, di Desa Bulang, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim.

Salah seorang guru SMPN 3 Belimbing, Enda Kusuma Ningrum, mengatakan banjir tersebut sering terjadi di wilayah itu karena lokasinya rendah dan tidak begitu jauh berada di tepian Sungai Lematang.

“Banjir ini sering terjadi hampir setiap tahun. Apa lagi musim hujan seperti ini pasti banjir disini,” katanya kepada Palugadanews.com, Kamis (15/3/2018).

Namun, lanjut dia, banjir itu tidak mengganggu aktifitas kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 1 Belimbing karena sekolah tersebut dibangun bertiang untuk mengantisipasi jika suatu waktu terjadi banjir sehingga proses belaar tetap berjalan seperti biasa.

“Kalau seperti saat ini tidak mengganggu aktifitas belajar, tapi kalau lebih dalam lagi airnya menyentuh geladak atau lantai kelas,  terpaksa kita liburkan,” lanjutnya.

Sementara itu, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muara Enim Mohammad Tasman ketika dikonfirmasi menerangkan, lokasi daerah tersebut memang sering terjadi banjir musiman karena berada di pinggiran Sungai Lematang.

“Lokasi itu memang sering terjadi banjir, namun tidak ada korban jiwa dan kerugian yang timbul oleh banjir musiman itu,” ujar Tasman.

Tasman tetap menghimbau masyarakat sekitar untuk tetap waspada jika suatu waktu terjadi banjir yang lebih besar mengingat saat ini curah hujan masih cukup tinggi mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Muara Enim.

“Kita menghimbau kepada warga sekitar agar selalu waspada jika sewaktu-waktu terjadi banjir yang lebih besar, karena intensitas hujan saat ini masih cukup tinggi,” tutup Tasman.