Polisi Tembak Mati Begal Antar Kabupaten di Sumsel

(Foto: Ilustrasi).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Polisi menembak mati seorang begal di Jalan Lingkar Baru arah Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Senin (16/7/2018).

Tersangka bernama Hajar Jayadi alias Adi Garong (29), yang selama ini dikenal sebagai pelaku berbagai kasus curas dan penjambretan di daerah Kabupaten Muara Enim, OKU dan Kota Palembang.

“Pelaku yang tewas merupakan residivis kasus curas dan sudah berkali-kali melakukan aksi jambret di daerah Kabupaten Muara Enim, OKU dan kota Palembang,” kata Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono, Senin, (16/7/2018).

Adi Garong tewas setelah dadanya sebelah kirinya ditembus peluru petugas saat akan ditangkap dipersembunyiannya di Jalan Lingkar Baru arah Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Senin (16/07/2018).

Petugas tim rajawali yang sedang melakukan patroli menemukan tersangka yang merupakan DPO kasus pencurian dengan pemberatan.

Saat akan ditangkap dan dilakukan pengejaran tersangka rupanya nekat melawan petugas dengan sebilah badik. Upaya perlawanan tersangka sia-sia setelah petugas menembak dada tersangka.

Menurut Afner, tersangka merupakan pelaku begal sadis. Berdasarkan data yang dikumpulkan petugas, pelaku sering terlibat kasus begal dengan korban meninggal dunia.

“Pelaku memang tak segan-segan menghabisi nyawa korban saat sedang beraksi,”terangnya.

Afner menuturkan, pihaknya sedang menyelidiki modus operandi yang dilakukan tersangka. Selain membegal, pelaku yang berstatus pengangguran ini juga sering melakukan aksi serupa bersama komplotannya.

“Saat beraksi bersama kawanannya, pelaku memakai mobil Avanza berplat palsu, mobil ini menjadi transportasi tersangka untuk melakukan aksi kejahatan di wilayah kabupaten kota lain,” ungkapnya.

Selain mengamankan tersangka, petugas juga berhasil mengamankan 1 unit mobil Avanza dan 3 unit handphone. Barang bukti tersebut diduga merupakan hasil curian.

“Totalnya pelaku sudah 10 kali beraksi, satu diantara aksi pelaku membuat korban tewas yang terjadi di kota Palembang beberapa waktu lalu,” tutupnya.