Ratusan CJH Muara Enim Ikuti Manasik Haji

Ratusan jemaah haji asal Kabupaten Muara Enim mengikuti manasik haji yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Ratusan jemaah haji asal Kabupaten Muara Enim mengikuti manasik haji yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Muara Enim, Selasa (3/7/2018)  di Masjid Babussalam, Komplek Islamic Center, Kota Muara Enim.

Kepala Kantor Kemenag Muara Enim Muhammad Abdu melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Ainudi, menyampaikan bimbingan manasik haji merupakan persiapan penting bagi calon jemaah haji untuk menjalankan ibadah haji di tanah suci nantinya.

“Dengan manasik, para jamaah calon haji (JCH) dapat mengetahui sekaligus mempraktekkan tata cara ibadah haji, sehingga rukun dan syarat sahnya ibadah haji bisa dilakukan dengan baik dan benar,” kata Ainudi

Jemaah lanjut dia, diajarkan  rukun wajib, sunah dan larangan saat berhaji. Dengan begitu, mereka mampu serta memiliki kemandirian dalam pelaksanaan haji.

“Melalui bimbingan haji ini diharapkan JCH tidak menemui kesulitan ketika beribadah di Tanah Suci nanti,” ujar dia.

Selain itu, lanjut Ainudin, bimbingan manasik haji bisa menjadi wadah bagi JCH untuk saling mengenal dan memperkuat ukhuwah di antara sesame JCH lainnya, sehingga dapat terpelihara suasana kebersamaan serta kekompakan sampai di Tanah Suci hingga kembali ke daerah masing-masing.

Tahun 2018 ini, JCH Kabupaten Muara Enim yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 283 orang, terdiri dari 131 jamaah laki-laki, 152 jamaah perempuan. Tiga di antaranya adalah Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Mereka akan diberangkatkan pada tanggal 1 Agustus 2018 mendatang, tergabung dalam kloter 12 Embarkasi Palembang.

“Kita berharap semoga musim haji tahun ini berjalan lancar demi tercapainya haji yang mabrur,” tutupnya.