Pemkab Gelar Festival Colorful Muara Enim 2019

Tumpukan tinggi buah durian di Festival Colorful Muara Enim 2019.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Ribuan masyrakat Muara Enim memenuhi area wisata air terjun Bedegung, Curup Tenang, Kecamatan Tanjung Agung, untuk menghadiri Festival Colorful Muara Enim 2019, Rabu (30/1/2019).

Festival yang pertama kali digelar ini menghadirkan berbagai macam makanan dari buah durian seperti berbagai kue, lempok, tempoyak, dan kopi durian.

Hadir dalam festival ini Gubernur Sumsel Herman Deru, Bupati  OKU, Bupati OI, Walikota Prabumulih, mantan bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, dan Ketua TP PKK Provinsi dan kabupaten/kota serta unsur muspida.

Baca Juga:

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyambut baik berbagai kegiatan yang digelar Pemkab Muara Enim ini. Menurut dia, Sumsel mempunyai berbagai jenis tanaman lokal yang potensial seperti kopi durian duku dan lainnya.

“Kita apresiasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Muara Enim ini. Kegiatan dalam balutan Muara Enim Colorful yang sangat menakjubkan hingga banyak makanan serba durian yang dapat dinikmati,” ujar Deru.

Dikatakan Deru, setiap daerah mempunyai ciri khas tersendiri tentang pangan yang berasal dari durian. Dia mencontohkan olahan buah durian yaitu tempoyak yang dapat dijadikan kegiatan ekonomi kreatif.

Selain pangan lokal, lanjut dia, pengembangan destinasi wisata diharapkan dapat memberikan berbagai kemajuan dan daya tarik tersendiri sehingga memberikan nilai tambah kepada masyarakat dan kabupaten/kota itu sendiri.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ekonomi kreatif dan pengembangan destinasi wisata dapat memberikan berbagai kemajuan dan daya tarik tersendiri sehingga memberikan nilai tambah kepada masyarakat dan kabupaten/kota itu sendiri,” harapnya.

Sementara itu Bupati Muara Enim Ahmad Yani mengatakan, dalam Festival Colorful Muara Enim 2019 ini dilakukan launching makanan serba durian. Menurut dia luas kebun durian di milik masyarakat di Kabupaten Muara Enim mencapai 600 hektare, dengan hasil buah per tahunnya berkisar 500 ton.

“Melalui Festival Cololful Muara Enim 2019 ini dapat memperkenalkan kearifan lokal Muara Enim sehingga bisa memberikan nilai pendapatan di bidang wisata dan kuliner yang pada gilirannya akan memberikan pendapatan kepada masyarakat dan pelaku ekonomi kreatif,” kata dia.