Cegah Penipuan Pajak, Tempat Usaha di Muara Enim Akan Dipasangi Alat Perekam Transaksi

(Foto: Ilustrasi)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Pemkab Muara Enim, Bank Sumsel Muara Enim,  dan PT Pinisi Elektra akan memasang alat perekam transaksi di sejumlah tempat usaha di Muara Enim, Selasa (2/4/2019).

Alat perekam itu untuk mengetahui transaksi dari masing-masing wajib pajak sehingga tidak ada manipulasi data.

Menurut Pimpinan PT Pinisi Elektra selaku vendor KPK, Erwin Samosir mengatakan, alat tersebut nanti akan dipasang di perangkat lunak wajib pajak dan langsung link di server.

Sehingga kapanpun wajib pajak melakukan transaksi langsung bisa dilihat pihak yang berkepentingan misalnya Bappenda, Bupati dan sebagainya sesuai kebutuhan.

Saat ini, kata dia, beberapa Kabupaten/Kota di Sumsel menggunakannya seperti Palembang, Prabumulih, Pagar alam, Lubuk Linggau sudah menggunkan alat perekam itu.

“Sebenarnya konsep ini sudah ada sejak tahun 2010, namun seiring waktu terus dilakukan penyempurnaan. Setelah dipasang akan langsung diketahui berapa penerimaan pajak per hari,” ujarnya.

Senada disampaikan Kepala Bapenda Muara Enim Rinaldo, melalui alat taping box tersebut, nanti akan diketahui siapa saja yang berbuat curang dan mana yang mematikan alat. “Kalau ada yang mati tinggal cek di lapangan apakah ada yang rusak, sengaja dilepas atau dirusak maupun sengaja diputus oleh wajib pajak,” kata Aldo.

Selain itu juga, akan ada CCTV yang memantau suasananya, jadi pemerintah akan benar-benar mengawasinya. Dan ia yakin setelah pemasangan alat rekam PAD akan naik sekitar 30-40 persen dari biasa yang diterima

Pemasangan alat rekam ini, kata Aldo, pada tahap awal ada 50 unit yang akan dipasang pada alat cash register seluruh hotel, hiburan dan restoran.

“Saat ini, kita sudah lakukan uji coba lima unit menggunakan produk Telkomsel, namun masih banyak kendala yang ditemukan di lapangan, makanya kita melakukan kerjasama dengan PT Pinisi Elektra yang memang merupakan vendor KPK,” lanjut Aldo.