Adat Meraje Anak Belai Kecamatan Ujanmas Raih Juara Tiga Festival Budaya

Peserta karnaval budaya dari Kecamatan Ujanmas menampilkan adat Mendah Meraje

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM— Kecamatan Ujanmas berhasil meraih juara ketiga karnaval budaya tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 2019 menampilkan adat Mendah Meraje.

“Alhamdulillah kita berhasil meraih juara ketiga dalam festival budaya yang digelar oleh Pemkab Muara Enim beberapa hari lalu dengan mengangkat budaya, adat istiadat yang ada di Kecamatan Ujanmas yaitu adat Panggilan Mendah Meraje Anak Belai,” terang Camat Ujanmas Sugiharto Delimpa, Kamis (2/5/2019), di ruang kerjanya.

Baca Juga:

Sugiarto mengatakan, Adat Mendah Meraje Anak Belai ini adalah salah satu bentuk pengenalan adat istiadat yang ada di Ujanmas kepada masyarakat di Kabupaten Muara Enim khususnya generasi muda.

“Ini juga merupakan bentuk pendidikan kebudayaan kepada masyarakat terkhusus generasi muda supaya mereka tau dan mampu menjaga serta melestarikan adat istiadat dan kebudayaan yang ada di masyarakat saat ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Sugiarto menyampaikan, Kecamatan Ujanmas juga berhasil menjadi juara pertama dalam pagelaran TPG tingkat kabupaten dan Provinsi Sumatera Selatan dutahun 2018 lalu.

“Kita juga meraih berbagai juara pada pagelaran TPG tahun kemarin baik tingkat kabupaten maupun provinsi, kemudian juara ke empat Piala Gubernur Sumsel sepak bola U22, juara pertama favorit lomba melemang, dan juara harapan tiga menu serba ikan pada kegiatan festival masakan serba ikan beberapa bulan lalu,” pungkasnya.