Bupati Muara Enim Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Bupati Muara Enim Ahmad Yani memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Pemkab Muara Enim, Sabtu (1/6/2019).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim Ahmad Yani memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Pemkab Muara Enim, Sabtu (1/6/2019).

Membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP-RI) Haryono, Yani menyampaikan pancasila perlu dijadikan sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Melalui hari lahir pancasila 1 Juni 2019 ini, pancasila perlu dijadikan sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus-menerus konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar negara, ideoloagi negara dan pandangan dunia yang dapat memajukan dan kebahagian bangsa Indonesia,” kata dia.

Dikatakannya, semua elemen masyarakat dapat bersatu untuk membangun bangsa dan negara  dalam merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran bangsa Indonesia.

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia Kita Pancasila,” tuturnya.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “tanah air Indonesia”.

“Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Upacara yang digelar di halaman kantor Pemkab Muara Enim ini diikuti antara lain oleh Wakil Bupati Muara Enim Juarsah, Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Hasanudin, Asisten Pemkab Muara Enim, Kepala OPD Pemkab Muara Enim, ASN Pemkab Muara Enim, TNI dan Polri, mahasiswa serta pelajar SMA.