Gubenur Sumsel Buka Perkemahaan Pramuka Wisata di Muara Enim

Gubernur Sumsel Herman Deru melepas balon ke udara tanda dimulainya Perkemahan Pramuka WIsata Calorful Muara Enim di TPU Bangko Greendland Memorial Park, Tanjung Enim, Rabu (24/7/2019).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Gubernur Sumatera Selatan  Herman Deru membuka kegiatan Perkemahaan Pramuka Wisata Colorful Muara Enim Festival 2019 di TPU Banko Greenland Memorial Park Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Rabu (24/7/19).

Herman Deru dalam sambutannya mengatakan, Gerakan Pramuka adalah organisasi yang dibentuk untuk mendidik dan menjadikan pemuda Indonesia memiliki karakter dan integritas yang baik di masa depan.

Baca Juga:

“Gerakan Pramuka bertugas untuk menumbuhkan generasi tunas bangsa yang baik yang mampu membangun dan menjaga keutuhan Negera Kesatuan Republik Indonesia dengan karya,” ungkapnya.

Menurut Deru, Gerakan Pramuka sebagai organisasi yang dibentuk untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan dan pengalaman yang cukup panjang, akan mampu menjadikan pemuda Indonesia yang memiliki karakter dan integritas yang baik di masa mendatang. .

“Gerakan Pramuka juga selalu berupaya memberikan layanan pendidikan bagi segenap anggota Pramuka dengan mengedepankan kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan mengedepankan emosional, kecerdasan spiritual, sosial, dan wawasan kebangsaan,” ungkapnya.

Sementara itu, mewakili Bupati Muara Enim, Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Hasanuddin mengatakan kegiatan Perkemahan Pramuka Wisata ini dimaknai sebagi satu wadah untuk saling bersilaturahim satu sama lain antara Pramuka Penggalang dan Penegak.

“Kegiatan ini pada dasarnya bertujuan untuk menjalin silahturrahmi antara Pramuka Penggalang dan Penegak serta sebagai ajang promosi untuk memperkenalkan Muara Enim sebagai salah satu objek wisata yang ada di Sumatera Selatan,” ujarnya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan masyarakat Lawang Kidul kami ucapkan selamat datang kepada para peserta. Kita siap menjadi tuan rumah yang baik dan akan memberikan pelayanan prima kepada para peserta yang akan melaksanakan kegiatan di Bumi Serasan Sekundang,” pungkasnya.

Pada acara perkemahan wisata ini diikuti 3.280 Pramuka se-Sumatera Selatan dari tingkat SD, SMP, SMA dan Kwarcab se-Sumsel selama empat hari, mulai tanggal 23-27 Juli 2019.

Perkemahan wisata ini diisi dengan penanaman 1.000 Pohon, kunjungan ke objek wisata tambang batu bara Bukit Asam dan air terjun Bedegung.

Selain itu juga disajikan kegiatan kreatif, inovatif, rekreatif, edukatif, produktif dan berbudaya yang dikemas dalam perlombaan dan pengembangan serta meningkatkan kecakapan dan kemampuan Pramuka Penggalang dan Penegak yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam acara pembukaan  hadir pula Wakil Bupati, kepala Forkompinda, kepala OPD, Kwartir Cabang, Ranting dan Gudep Kabupaten Muara Enim, Muba, PALI, Muratara dan Lubuk Linggau.