Peringatan Hari Anak, Bupati: Stop Kekerasan pada Anak

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 Kabupaten Muara Enim.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 di Kabupaten Muara Enim digelar di gedung Putri Dayang Rindu, Kota Muara Enim, Rabu (28/8/2019). Peringatan HAN dirangkai dengan pelantikan pengurus Forum Anak Kabupaten Muara Enim oleh Bupati Muara Enim Ahmad Yani.

Bupati Muara Enim Ahamd Yani dalam sambutannya pada peringatan hari anak tersebut menyampaikan tema Hari Anak Nasional Tahun 2019 adalah “Kualitas Keluarga Penopang Perlindungan Anak“.

Baca Juga:

Dikatakan Bupati, Pemilihan tema ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk anak.

“Anak adalah harapan dan investasi bangsa Indonesia di masa depan. Kualitas anak-anak akan menentukan Indonesia menjadi bangsa yang kuat atau lemah. Untuk itu anak-anak harus menjadi fokus utama dan prioritas pembangunan serta dilibatkan sebagai subjek pembangunan,” ungkap A. Yani.

Kemudian lanjut dia, Forum Anak yang dibentuk di Kabupaten Muara Enim untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak yaitu menyuarakan ide dan gagasan pandangan terkait kepentingan anak.

Disamping itu Forum Anak adalah mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak. Pemerintah sangat membutuhkan peran dan kontribusi langsung dari anak-anak, agar mereka dapat berperan sebagai 2P (Pelopor dan Pelapor).

“Pemerintah bersama pemangku kepentingan lainnya berkomitmen untuk meningkatkan upaya sinergis dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak. Kepada anak-anak Bapak berpesan lakukan hal-hal yang positif, belajar yang rajin, banyak membaca buku, rajin beribadah, hormat kepada orang tua, sayangi sesama teman dan teruslah berprestasi,” terangnya.

Yani juga berpesan, kepada seluruh orang tua dan keluarga agar menjaga dan Iindungi anak-anak agar tetap semangat.

“Ciptakan lingkungan agar mereka merasa aman, nyaman dan bahagia. Stop kekerasan pada anak-anak. Selamat Hari Anak Nasional Tahun 2019, Kita Anak Indonesia, Kita Gembira,” pungkasnya.