Jelang Pilkades Serentak, Pemkab Muara Enim Gelar Deklarasi Damai

Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar Deklarasi Damai di halaman kantor Pemkab Muara Enim, Selasa (17/9/2019). 

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM –  Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar Deklarasi Damai di halaman kantor Pemkab Muara Enim, Selasa (17/9/2019).

Sebanyak 401 calon kepala desa dari 102 desa di Kabupaten Muara Enim akan mengikuti pilkades ini yang akan digelar pada 26 September 2019 mendatang.

Pelaksana tugas Bupati Muara Enim Juarsah dalam sambutannya meminta kepada para calon kades dan panitia pemilihan agar menyukseskan pelaksanaan pilkades.

Baca Juga:

“Semoga pelaksanaan pilkades serentak berjalan baik, lancar dan sukses. Panitia penyelenggara agar mengikuti seluruh aturan dan tata cara pilkades, harus jujur dan adil,” kata dia.

Juarsah meminta kepada calon kades agar siap menang dan siap kalah. “Calon kades yang kalah harus legowo dan mendukung kades terpilih dalam membangun desa. Tidak menghasut sana-sini yang akhirnya akan menimbulkan ketidaknyamanan di lingkungan masyarakat,” pinta dia.

Selain itu, kepada petugas Polres Muara Enim yang akan menjaga keamanan Pilkades, Juarsah meminta agar bekerja ikhlas dan penu tanggungjawab.

“Kepada aparat Polres Muara Enim yang akan menjaga keamanan selama Pilkades berlangsung, agar dapat bekerja ikhlas. Jadikan tugas sebagai ibadah dengan penuh rasa tanggung dan bekerja sesuai prosedur,” ujar dia.

Sebelumnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemkab Muara Enim telah menggelar rapat kordinasi jelang pilkades serentak bersama Polres Muara Enim, Kodim 0404 Muara Enim, Camat se-Kabupaten Muara Enim, panitia pilkades, BPD, dan kepala desa di 102 desa yang melaksanakan Pilkades.

Kepala Dinas DPMD Muara Enim Emran Tabrani mengatakan, pelaksanaan pilkades serentak yang ketiga kalinya di Kabupaten Muara Enim ini diikuti 401 calon kades di 18 kecamatan di Kabupaten Muara Enim.

“Pilkades serentak tahun 2019 diikuti 401 calon kaded di 102 desa, 737 panitia pemilihan, dibantu 5 panitia disetiap TPS, dengan jumlah minimal 2 TPS masing-masing desa,” lanjut Emran.

Sementara itu, Iptu Fatahullah dari Polres Muara Enim menyampaikan, pihak kepolisian bekerja sama dengan TNI melaksanakan tugas dalam pengamanan pilkades serentak ini.

“Polri bekerjsama dengan TNI siap mengamankan dan mengawal rangkaian pilkades serentak 2019. Kepada panitia bekerjalah sesuai aturan. Ikutilah mekanisme itu agar pilkades berjalan aman, damai, tentram, dan lancar,” lanjutnya.