Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkab Muara Enim Gelar Bimtek Penanganan Pengaduan

Kadiskominfo Pemkab Muara Enim Ardian Arifanardi saat membuka bimtek pelayanan publik, Senin (23/9/2019).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM — Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkab Muara Enim menggelar Sosialisasi dan Bimtek Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (LAPOR!-SP4N) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) 2019, Senin (23/9/2019), di ruang rapat Pangripta Nusantara Bappeda Pemkab Muara Enim.

Kadiskominfo Pemkab Muara Enim Ardian Arifanardi mengatakan, LAPORI-SP4N bertujuan untuk pengawasan program dan kinerja pemerintah penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik yang penting sebagai sarana evaluasi pemerintah dalam menjalankan program-programnya yang mudah diakses oleh masyarakat melalui website lapor.go.id atau SMS ke 1708 untuk menyampaikan aspirasi dan aduan yang terjadi di lapangan.

“Sebelum terhubung dengan LAPORl-SP4N pada tahun 2017, Kabupaten Muara Enim telah memiliki sarana aspirasi dan pengaduan masyarakat sendiri yaitu SPIKM (Sistem Pelayanan Informasi dan Keluhan Masyarakat) yang bisa diakses melalui website www.spikmmuaraenimkabgo.id dan SMS ke 9009 yang tetap bisa kita gunakan sampai sekarang dan telah terintegrasi dengan LAPORl-SP4N milik KemenPAN-RB,” ungkapnya.

Sedangkan PPID, berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dengan keberadaan PPID ini, masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu.

“Mengingat pentingnya LAPORI-SP4N dan PPID, diharapkan kerjasama kita bersama seluruh pejabat penghubung/ administrator LAPOR!-SP4N dan PPID yang ada di OPD dan kecamatan untuk bersama-sama mengelola pengaduan, informasi dan dokumentasi secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi guna memberikan pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat,” ujarnya.

Bimtek ini diikuti 100 orang Admin LAPOR!-SP4N seluruh perangkat daerah Lingkup Pemkab Muara Enim dan menghadirkan narasumber dari Diskominfo Provinsi Sumsel.