Kurun Waktu 3 Tahun, Pemkab Muara Enim Lakukan 48 Kerjasama

Workshop kerjasama pembangunan daerah Pemkab Muara Enim, Selasa (29/10/2019).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Selama kurun tiga tahun ini, Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah melakukan sedikitnya 48 kerjasama dengan berbagai pihak.

Kerjasama ini didasarkan pada pertimbangan efisiensi, efektivitas, saling menguntungkan, menumbuhkan perekonomian, meningkatkan investasi, meningkatkan pendapatan daerah, untuk kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik.

Baca Juga:

Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Muara Enim Juarsah saat memberikan sambutan workshop kerjasama pembangunan daerah dengan tema “Menuju Kabupaten Muara Enim yang Berdaya Saing dalam Bidang Kerjasama” di gedung Bappeda Muara Enim, Selasa (29/10/2019).

Kerjasama ini, menurutnya diharapkan dapat dimanfaatkan dan dioptimalkan oleh seluruh perangkat daerah. “Saya minta seluruh perangkat daerah agar melaporkan kegiatan-kegiatan yang dikerjasamakan secara berkala,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Muara Enim Ramlan Suryadi mengungkapkan, tahun 2017 dan 2018 lalu, Pemkab Muara Enim telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak yang dituangkan dalam bentuk kesepakatan bersama sebanyak 28 dokumen. Sementara tahun 2019 sampai saat ini telah dilaksanakan sebanyak 20 dokumen.

Klasifikasi kerjasama tersebut, kata Ramlan, yakni kerjasama dengan antar pemerintah sebanyak 7 dokumen, kerjasama dengan perguruan tinggi sebanyak 5 dokumen, dan kerjasama dengan BUMN/BUMS/BUMD sebanyak 8 dokumen.

Selain itu juga, telah dilakukan fasilitasi kerjasama/perjalanan dinas luar negeri, yaitu ke Republik Rakyat Tiongkok bagi Bupati, Pimpinan DPRD dan ASN.

“Dan disisa waktu 2 bulan terakhir ini, masih ada beberapa kesepakatan bersama yang akan/sedang dalam proses penjajakan, dan akan dilakukan penandatangan MoU,” pungkasnya.