Meriah, Perayaan HUT ke-73 Kabupaten Muara Enim

Plt Bupati Muara Enim Juarsah saat memimpin upacara peringatan HUT Kabupaten Muara Enim ke-73 di lapangan Merdeka, Kota Muara Enim, Rabu (20/11/2019).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Ribuan masyarakat Muara Enim antusias mengikuti serangkaian kegiatan peringatan HUT ke-73 Kabupaten Muara Enim yang dimulai sejak Rabu pagi hingga malam.

Rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Muara Enim dimulai dengan upacara bendera, Rabu (20/11/2019) pagi. Plt Bupati Muara Enim Juarsah menjadi pembina upacara yang gelar di lapangan Merdeka, Kota Muara Enim.

HUT Kabupaten Muara Enim ini mengambil tema “Dengan Memperingati Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-73 Kita Tingkatkan Prestasi Kerja Guna Mewujudkan Muara Enim Untuk Rakyat Yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera.

Baca Juga:

Upacara peringatan HUT Muara Enim tersebut dirangkai dengan peringatan HUT Korpri Ke-48, HUT Kesehatan Nasional Ke-55, Hari Guru Nasional Ke-26, dan Hari Kesetiakawanan Sosial Ke-61.

Dalam amanatnya, Juarsah menyampaikan sejumlah keberhasilan yang telah dicapai Kabupaten Muara Enim sepanjang 2019. Berbagai penghargaan mulai dari tingkat daerah hingga nasional berhasil diraih daerah dengan sebutan Bumi Serasan Sekundang tersebut.

Penghargaan tersebut diantaranya adalah penghargaan Taman Keanekaragaman Hayati Bedegung (EK-SITU) dari Kementerian LHK, Adipura ke-13, anugerah kabupaten peduli HAM dari Kementerian Hukum dan HAM, Sakip BB untuk akuntabilitas kinerja dari Kementerian PAN RB, Pastika Parama dari Kementerian Kesehatan.

Kemudian penghargaan pelayanan Kementerian Dukcapil dan RSUD HM Rabain, tertib administrasi PKK tingkat Nasional,  Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian LHK, penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan Wilayah Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Bengkulu.

Selain itu Muara Enim juga menerima penghargaan WTP kelima kalinya dari BPK,  7 Out Standing Smart cities in South Sumatera Tahun 2019 dari koran Tribun Sumsel, penghargaan pembangunan daerah tingkat Provinsi Sumsel dan 10 besar terbaik tingkat nasional, juara pertama 1 kategori dokumen perencanaan terbaik dan Juara 2 kategori Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Sriwijaya dalam Musrenbang RKPD dari Gubernur Sumatera Selatan.

Rapat Paripurna DPRD Muara Enim di hadiri Gubernur Sumsel dan sejumlah bupati/walikota se Sumsel, Rabu (20/11/2019).

Setelah upacara, digelar Rapat Paripurna DPRD Muara Enim ke-V yang dihadiri oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, Bupati OKI, Bupati Empat Lawang, Wakil Bupati Lahat, Wakil Walikota Prabumulih, dan sejumlah wakil dari Bupati dan Walikota Se-Sumsel, sejumlah anggota DPR RI dan DPRD Provinsi Sumsel.

Seusai rapat paripurna, Gubernur beserta Bupati Muara Enim langsung membuka festival mobil hias yang merupakan rangkaian Muara Enim Colorful Festival 2019.

Parade mobil hias peringatan HUT ME ke-73

Malam puncak HUT Muara Enim 2019 digelar acara anugrah Insan Berprestasi Muara Enim dengan menghadirkan Wali Band dari Jakarta.

Juarsah dalam sejumlah amanatnya menyampaikan, berbagai program pembangunan Pemkab Muara Enim didukung oleh semua elemen masyarakat dan Forkompimda Kabupaten Muara Enim, hingga berjalan dengan baik.

“Kami menyadari bahwa tanpa partisipasi masyarakat dan stakeholder tentunya pembangunan di Kabupaten Muara Enim tidak akan berjalan dengan baik, dengan dukungan Forkominda, kepala perangkat daerah, BUMN, BUMD, BUMS, LSM dan insan pers secara sinergis bersama-sama menciptakan situasi kondusif di Bumi Serasan Sekundang,” ungkapnya.

Karnaval baju daerah di peringatan HUT Muara Enim ke-73.

Melalui momentum hari jadi ini, Juarsah mengajak masyarakat Muara Enim agar mendukung Visi Misi Kabupaten Muara Enim.

“Untu menciptakan Muara Enim untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera, mari kita bersama-sama memberikan dukungan terhadap semua pembangunan serta visi misi yang telah digaungkan yaitu Muara Enim #Merakyat,” pungkasnya.