Ormas Desak Plt Bupati Bersihkan Pemerintah Daerah Muara Enim dari Korupsi

Aksi sejumlah ormas di Muara Enim mendesak Plt Bupati membersihkan Pemerintah Kabupaten Muara Enim dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Sejumlah organisasi masyarakat dan penggiat antikorupsi mendesak Plt Bupati Muara Enim agar membersihkan Pemerintah Kabupaten Muara Enim dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Desakan itu disuarakan mereka dalam aksi damai terkait kasus OTT KPK Bupati Muara Enim non aktif dan pejabat Dinas PUPR dan juga memperingati hari Anti Korupsi se Dunia, Senin (16/12/2019) di halaman Pemkab Muara Enim.

Baca Juga:

Adapun organisasi kepemudaan terlibat aksi yakni Pemuda Muhammadiyah, GNPK RI , LGAK, AMPI, KOKAM, PDPM Muara Enim, Pemuda Pancasila, dan elemen masyarakat lainnya. Aksi damai ini pengawalan ketat dari satuan Polres Muara Enim dan Satpol Pamong Praja Muara Enim.

Dalam aksinya mereka menyampaikan orasi yang meminta para pengambil kebijakan di lingkungan Pemkab Muara Enim untuk melakukan bersih-bersih KKN.

Massa menyatakan prihatin dengan kondisi Muara Enim atas kasus dugaan korupsi yang kini tengah diproses KPK dan meminta Plt Bupati Muara Enim melakukan bersih-bersih KKN, agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Sekretaris Daerah Muara Enim Hasanuddin didampingi Asisten Satu HM Teguh Jaya dan Asisten II Amrullah Jamaludin serta sejumlah pejabat terkait lainnya menemui massa aksi.

Pada pertemuan itu, mereka menyampaikan sejumlah pernyataan sikap diantaranya menjunjung tinggi supremasi hukum yang ditegakkan oleh Pemerintah RI melalui lembaga yang berwenang atas tindak pidana korupsi yang terjadi di wilayah NKRI umumnya dan Kabupaten Muara Enim khsususnya.

Dan meminta kepada Pemerintah RI, melalui Pemkab Muara Enim, untuk lebih dominan memimpin gerakan melawan prilaku korup, hingga Kabupaten Muara Enim terbebaskan dari tindak pidana KKN.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Muara Enim Hasanuddin mengapresiasi sikap yang disampikan massa aksi untuk memulihkan kembali Muara Enim seperti semula.

“Saya sebagai Sekda berkewajiban untuk mengembalikan kondisi Muara Enim seperti semula atas kejadian yang terjadi,” jelasnya.

Dia berharap agar ke depan sama-sama melakukkan kontrol atas pelaksanakan pemerintahan Muara Enim. “Ke depan semua pihak di Kabupaten Muara Enim agar melakukan kontrol terhadap pelaksanaan Pemerintahan di Kabupaten Muara Enim,” pungkas Sekda.