Pengurus PPDI Muara Enim Dilantik

Pelantikan Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Muara Enim periode 2019-2023, Jumat (27/12/2019).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Muara Enim periode 2019-2023 resmi dilantik. Pelantikan dilakukan Ketua Umum PPDI Pusat Mujito, di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Muara Enim, Jumat (27/12/2019).

Pelantikan dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Muara Enim M Teguh Jaya, Forkopimda, para pejabat di jajaran Pemkab Muara Enim, serta perangkat desa di Kabupaten Muara Enim.

Baca Juga:

Asisten I Pemerintahan dan Kesra M Teguh Jaya mengatakan, PPDI merupakan motor penggerak roda pemerintahan di tingkat desa. Tugas dan fungsinya membantu kepala desa untuk melaksanakan pembangunan di desa sehingga lebih maju berkembang.

“Perangkat desa itu inti pada pemerintahan desa. Kalau pemerintah desa tidak bergerak, roda pemerintahan tidak akan berjalan. Maka dari itu, forum ini (PPDI) satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari pemerintahan,” kata Teguh dalam sambutannya.

Mengingat pentingnya keberadaan perangkat desa tersebut, Teguh mengatakan, Pemda Muara Enim sangat konsen pada hak (upah) mereka.

“Menyangkut hak perangkat desa kita utamakan. Sekarang Peraturan Bupati terkait itu sedang diproses. Januari 2020 sudah berjalan,” lanjut dia.

Teguh berharap organisasi ini menjadi wadah untuk bersilaturahmi sekaligus mempercepat informasi. “MelaluiĀ  forum ini diharapkan setiap informasi cepat didapat setiap perangkat desa,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PPDI Pusat, Mujito, mengharapkan anggota PPDI bekerjasama dengan kepala desa, sehingga menghasilkan pembangunan yang maksimal. “Melalui PPDI mari kita wujudkan desa yang maju, mandiri, dan sejahtera,” ungkap Mujito.

Ketua Umum PPDI Kabupaten Muara Enim, Karunia Ilahi mengungkapkan, proses pembentukan PPDI Kabupaten Muara Enim sekitar dua bulan. Setelah kepengurusannya dilantik, dia berharap PPDI Muara Enim mendapat dukungan dari semua perangkat desa di Kabupaten Muara Enim.

“Dibentuk PPDI ini sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi antar perangkat desa. Kami mendukung program Muara Enim merakyat, salah satunya melakukan pelayanan prima di desa masing-masing,” kata dia.

Dia juga mengajak seluruh perangkat desa agar memiliki loyalitas kepada pimpinan yaitu kepala desa. “Sehingga desa kita semakin maju dan berkembang,” pungkasnya.