Perkebunan Karet Berperan Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Kegiatan Fasilitasi Pengembangan Pemasaran Bahan Olahan Karet (Bokar) di unit Pengolahan Pemasaran Bokar (UPPB).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Muara Enim menggelar Kegiatan Fasilitasi Pengembangan Pemasaran Bahan Olahan Karet (Bokar) di unit Pengolahan Pemasaran Bokar (UPPB).

Kegiatan yang dibuka Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Muara Enim Amrullah Jamaluddin di Hotel Grand Zuri, Kota Muara Enim, Rabu (4/12/2019).

Baca Juga:

Dalam sambutannya, Amrullah mengatakan, sektor pertanian melalui perkebunan karet merupakan salah satu hal yang penting meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Karet merupakan komuditi unggulan yang sangat penting, maka Pemkab Muara Enim memberikan fasilitasi pengembangan pemasaran bokar guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam masyarakat luas,” kata dia.

Menurut Amrullah, Pemkab Muara Enim akan selalu berkomitmen untuk melakukan pengembangan bokar baik dengan meningkatkan kuantitas maupun kualitas bokar, sehingga dapat meningkat kan nilai jual karet.

Amrullah berharap melalui kegiatan fasilitasi pengembangan pemasaran bokar diunit pengolahan Bokar dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan petani melalui pasar lelang bokar mandiri.

“Harapan kita melalui kegiatan fasilitasi pengembangan pemasaran bokar diunit pengolahan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan petani melalui pasar lelang bokar mandiri,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan Muara Enim Mat Kasrun mengatakan kegiatan diikuti oleh 30 peserta dari anggota UPPB Kecamatan Tanjung Agung.

“Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta dengan dua orang narasumber yaitu Elvy Risma T. Nainggola,S.Tp.Mp dari Direktorat pengolahan & pemasaran hasil kebun dan dari pusat penelitian karet sumbawa Iman satria nugraha, serta perwakil Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan,” pungkasnya.