Tele Conference, Pemkab Muara Enim Laporkan Penanganan Covid-19 kepada Gubernur Sumsel

Pemkab Muara Enim gelar teleconference dengan Gubernur Sumsel (Foto: Humas Pemkab Muara Enim)

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Plt Bupati Muara Enim Juarsah didampingi Sekretaris Daerah dan pimpinan Forkopimda melaporkan sejumlah langkah penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Muara Enim melalui tele conference kepada Gubernur Sumsel Herman Deru, Rabu petang (24/3/2020) kemarin.

Plt Bupati Muara Enim Juarsah menyampaikan sejumlah langkah yang telah dilakukan Pemkab Muara Enim mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

Baca Juga:

“Penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Muara Enim sudah dilakukan sesuai prosedur sesuai dengan Keppres Nomor 09 Tahun 2020,” kata Juarsah.

Pemkab Muara Enim telah membentuk gugus tugas hingga tingkat desa, kemudian telah mendirikan posko di tiap kecamatan, khusus posko induk deteksi dini ODP atau PDP berpusat di Puskesmas Kecamatan Muara Enim, sedangkan posko penanganan PDP berada di Islamic Center.

Selain itu, RSUD HM Rabain juga telah dinyatakan siap menjadi rujukan sementara pasien dengan pengawasan (PDP). Pemkab Muara Enim juga telah menyiapkan gedung asrama Islamic Center sebagai ruang isolasi rumah sakit darurat bagi PDP.

“Sejauh ini dilaporkan terdapat 13 orang dengan pemantauan (ODP) di Kabupaten Muara Enim. Namun dalam perkembangannya, dari 13 orang tersebut 5 orang telah selesai observasi dengan status sehat sedangkan sisa 8 orang lagi masih dalam pemantauan,” terang Juarsah.

Sementara Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis saat ini tersedia 50 unit. Dalam waktu dekat akan ditambah sebanyak 100 unit serta 1.000 unit lagi dalam pemesanan.

“Bagi para pelajar, kita juga telah memberlakukan sekolah di rumah (home learning) dan akan diberlakukan pula penyesuaian sistem kerja pegawai untuk bekerja dari rumah (work from home). Pemkab Muara Enim juga akan menghimbau hal serupa kepada seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Muara Enim,” lanjut dia.

Terkait ketersediaan dan harga bahan pokok dilaporkan masih normal. Pemkab Muara Enim akan terus memantau dan memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok beberapa hari ke depan tetap stabil.