Juarsah Minta Warga Patuhi Imbauan Pemerintah Terkait Pencegahan Covid-19

Plt Bupati Muara Enim mengunjungi posko gugus tugas di Kecamatan Ujanmas dan Gunung Megang, Senin (6/4/2020).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Plt Bupati Muara Enim Juarsah meminta warga agar patuh terhadap imbauan pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Kita minta warga untuk bekerja sama dengan pemerintah dalam menangani wabah ini sehingga dampaknya dapat diminimalisir, khususnya di Kabupaten Muara Enim,” kata Juarsah saat mengunjungi posko gugus tugas dibeberapa desa di Kecamatan Ujanmas dan Kecamatan Gunung Megang, Senin (2/4/2020) siang.

Baca Juga:

Selain itu, Juarsah juga meminta perangkat desa mengetahui pergerakan arus keluar-masuk warganya dari luar daerah. Jika ada warga yang datang dari luar, wajib melapor dan didata pada posko gugus tugas yang ada, untuk selanjutnya dilakukan karantina atau isolasi diri secara mandiri.

“Jikapun rumahnya tidak memadai, maka segera dilaporkan karena Pemkab Muara Enim telah menyediakan asrama di Islamic Center,” kata dia.

Kemudian, menurut Juarsah, masyarakat harus koperatif untuk jujur melapor dan mengawasi, serta tak perlu takut ataupun malu jika anggota keluarganya terindikasi gejala Covid-19.

“Penyakit ini bukanlah aib malah dengan melapor kita justru membantunya untuk kembali pulih dan juga turut berpartisipasi menjaga masyarakat yang lebih luas agar terhindar dari wabah ini,” imbuh dia.

Juarsah juga meminta kepada para petugas medis untuk tidak perlu takut. Sebagai garda terdepan, petugas medis harus siap melayani sekaligus mendeteksi dari setiap orang yang datang.

“Tentu saja petugas medis harus tetap waspada melindungi diri dengan alat pelindung dasar, seperti masker dan menjaga kebersihan diri,” ujarnya.