Kemendiknas Luncurkan Program Belajar PAUD hingga SMA di TVRI

Program Belajar dari Rumah dari Kemendikbud menjadi salah satu alternatif pembelajaran bagi siswa, guru, maupun orang tua, selama masa belajar di rumah di tengah wabah Covid-19. 

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Jarum jam sedikit lagi menunjukan pukul 08. 00 WIB, Muazzam Dzakir Khan Saputra yang akrab dipanggil Azzam sudah duduk manis di depan televisi. Meja kecil, buku catatan dan alat tulis sudah siap dihadapannya.

Didampingi orangtuanya, sswa kelas B4 TK Aisyiah Bustanul Atfal Ujanmas Baru, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muara Enim ini, bersiap mengikuti pelajaran di Rumah Saja yang disiarkan secara langsung oleh TVRI mulai Senin (13/4/2020) kemarin.

Baca Juga:

Tepat pukul 08.00 WIB acara yang ditunggupun mulai. Bocah 6 tahun ini serius mengikuti pelajaran tentang huruf, nama-nama sayur, dan jenis profesi yang disajikan melalui film kartun.

“Kata bu guru belajarnya di rumah saja karena ada virus Corona. Jadi belajar di rumah seperti ini nonton televisi untuk dipelajari. Pelajarannya menarik dan lucu,” celoteh Azzam, Rabu (15/4/2020) di rumahnya.

Erika siswi kelas VII SMP Negeri 1 Ujanmas juga melakukan hal yang sama. Gurunya mewajibkan dia da belajar lewat tayangan televisi melalui program Belajar di Rumah Saja dari TVRI.

“Sebenarnya kita sudah belajar dengan metode daring sebelum adanya tayangan di TVRI ini. Akan tetapi sekarang kita disuruh juga belajar lewat tayangan di TV setiap pukul 11.00 WIB untuk tingkat SMP,” ungkapnya.

Sementara itu Sastra Viana, orangtua Azzam mengaku senang dengan program Belajar dari Rumah di TVRI.

“Acara ini sangat membantu anak-anak tak bosan di rumah dengan belajar mandiri. Apalagi saya terlalu paham bagaimana metode mengajari anak TK walaupun saya juga seorang guru,” urai guru Pendidikan Ekonomi Akuntansi di SMA ini.

Dijelaskan ibu dua anak ini, materi yang diberikan sangat menarik, karena anak-anak tak hanya mendapatkan ilmu pelajaran juga mendapatkan hiburan serta materi sangar mudah dicerna anak-anak.

“Anak-anak tak hanya dapat ilmu yang ia dapat juga menjadikan hiburan mereka saat suntuk berada di rumah,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meluncurkan program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI sejak Senin, 13 April 2020 lalu. Program ini menjadi salah satu alternatif pembelajaran bagi siswa, guru, maupun orang tua, selama masa belajar di rumah di tengah wabah Covid-19.

Program ini diisi dengan berbagai tayangan edukasi, seperti pembelajaran untuk jenjang PAUD hingga pendidikan menengah, tayangan bimbingan untuk orang tua dan guru, serta program kebudayaan di akhir pekan, yakni setiap Sabtu dan Minggu.