Sumsel Kehabisan Alat Tes Virus Corona

Kepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel Yusri (Foto: corona.sumselprov.go.id)

PALUGADANEWS.com, PALEMBANG – Jubir Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Sumsel, Yusri, mengungkap pihaknya sudah dua hari tidak melakukan pemeriksaan Polymarese Chain Reaction (PCR) di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang karena kehabisan Reagen.

Akibatnya, sejak dua hari kemarin tidak ada laporan tambahan kasus negatif atau positif Corona di Sumatera Selatan.

“Kondisi nihil kasus positif ini sebenarnya pemeriksaan lab kita yang tertunda karena kehabisan bahan (Reagen PCR),” ujar Yusri dalam konfrensi pers yang disiarkan secara langsung, Selasa (21/4).

Baca Juga:

Yusri mengatakan kehabisan bahan tidak hanya terjadi di Sumatera Selatan tapi juga seluruh dunia. “Informasinya kasus seperti ini bukan hanya terjadi di Indonesia saja, banyak negara juga mengalami yang sama,” kata dia.

Namun, kata dia, pihaknya sudah menerima 700 reagen PCR dari Jakarta yang bisa dipergunakan untuk beberapa hari ke depan.

“Hari ini kita sudah menerima 700 reagen PCR dari Jakarta yang bisa digunakan beberapa hari ke depan sambil menunggu tambahan,” kata Yusri.

Selain itu, menurut Yusri, dalam waktu dekat pihaknya juga akan menerima bantuan alat PCR untuk pemeriksaan Swab.

“Dengan alat PCR ini kita akan terbantu dengan pemeriksaan sampel lebih cepat yaitu sebanyak 500 hingga 1.000 sampel bisa diperiksa,” imbuhnya.