Plt Bupati Muara Enim Tinjau Lokasi Banjir di Semende

Puluhan hektar sawah di Semende Darat ulu rusak akibat banjir, Jumat (1/5/2020).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Plt Bupati Muara Enim Juarsah meninjau langsung lokasi persawahan yang terdampak banjir di Desa Siring Agung, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (2/5/2020).

Banjir yang terjadi pada Jumat (1/5/2020) dini hari tersebut mengakibatkan 10 hektar sawah milik 35 keluarga hancur tertimbun tanah dan dipastikan gagal panen.

Baca Juga:

Juarsah meminta Plt Kadin PUPR yang turut serta mendampingi segera menormalisasi area persawahan dan memperbaiki tanggul air yang hancur.

“Saya minta Dinas PUPR segera perbaiki tanggul yang hancur sehingga dapat mengaliri persawahan yang masih ada dan membangun kembali jalan serta beberapa jembatan kecil yang rusak akibat banjir,” kata dia.

Selain itu, dia juga meminta Plt Kadin Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (TPHP) segera menginventarisir kerugian serta kebutuhan warga yang terdampak dengan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Longsor ini tidak hanya berdampak pada persawahan Desa Siring Agung saja, namun juga berimbas pada aliran air persawahan dan sumber air bersih di desa tetangga, yaitu Desa Aremantai dan Desa Pajarbulan.

Kepada para warga yang terdampak dan gagal panen, Juarsah mengharapkan agar berbesar hati dan ikhlas menghadapi musibah ini.

“Pemkab Muara Enim akan membantu dan mendampingi untuk memulihkan kembali lahan persawahan,” imbuhnya.