Pemdes Ujanmas Baru: Tidak Ada Penyelewangan BLT DD

Ilustrasi

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Pemerintah Desa Ujanmas Baru, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muara Enim membantah dugaan penyelewangan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Ujanmas Baru yang beredar di media beberapa hari lalu.

“Tidak ada Perangkat Desa Ujanmas Baru yg menerima BLT DD seperti apa yang disampaikan oleh salah satu Ormas kepada awak media beberapa hari lalu, ” ungkap Sekertaris Desa Ujanmas Baru, Joni Anuar, Kamis (4/6/2020).

Joni juga membantah ada uang bantuan BLT DD tersebut dibagi dua dan adanya ancaman dari relawan Covid-19 Desa Ujanmas Baru.

Baca Juga:

“Kita juga membantah kalau penerima BLT DD Ujanmas Baru dibagi dua uangnya dan adanya tim relawan Covid-19 mengancaman jika tidak mau dibagi dua bantuan itu, maka naman penerima bantuan tersebut akan dicoret dari daftar penerima,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (GNPK-RI) Kabupaten Muara Enim menemukan penyimpangan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) bagi warga terdampak Covid-19 di Desa Ujanmas Baru, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muara Enim.

Penemuan ini didapat setelah GNPK melakukan investigasi atas laporan pengaduan warga Dusun 8, Desa Ujanmas Baru.

“Hasil investigasi kita ada warga yang tidak berhak namun menerima bantuan, sebaliknya yang layak menerima bantuan justru tidak mendapatkan bantuan. Kemudian ada bantuan BLT yang dibagi dua dengan alasan apa bila tidak mau dibagi maka bantuan yang akan datang tidak akan menerima bantuan lagi,” ungkap Ketua GNPK RI Muara Enim Antoni Deguin.

Selain itu, ditemukan juga perangkat desa yang menerima bantuan. “Selain itu masih ada perangkat desa yang menerima bantuan itu. Kami harapkan kepada pemerintah desa agar menindak lanjuti persoalan yang ada di Dusun 8 tersebut,” imbuhnya.