KKP Dukung Muara Enim Mengembangkan Perikanan Air Tawar

Kunjungan kerja Plt Bupati Muara Enim Juarsah ke Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (27/7/2020).

PALUGADANEWS.com, JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan mendukung rencana Kabupaten Muara Enim menjadi mengembangkan perikanan air tawar sehingga menjadi pionir di Sumatera Selatan.

Hal tersebut disampaikan Menteri KKP Edhy Prabowo disela-sela menyambut kunjungan kunjungan kerja Plt Bupati Muara Enim Juarsa di Gedung Mina Bahari, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Senin (27/7/2020).

Menteri kelahiran Tanjung Enim ini mengaku paham betul potensi yang ada di tanah kelahirannya tersebut, terutama di Kecamatan Panang Enim dengan Air Terjun Curup Tenang dan Kecamatan Muara Belida dengan Sungai Musinya yang menurutnya sangat cocok dikembangkan sebagai kampung perikanan, khususnya budidaya perikanan air tawar.

Menurutnya meskipun Muara Enim tidak memiliki wilayah laut, namun di sektor perikanan air tawar, Kabupaten Muara Enim dinilai sangat unggul dan berpotensi.

Paling tidak produksi perikanan air tawar Kabupaten Muara Enim saat ini sudah diatas 10 ribu ton pertahun sehingga pantas dijadikan sebagai pionir budidaya perikanan air tawar terdepan di Provinsi Sumatera Selatan.

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim Juarsah mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Menteri KKP. Juarsah menyampaikan peningkatan budidaya perikanan merupakan bagian dari program kerja demi mencapai visi Kabupaten Muara Enim #Merakyat untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera.

Pemkab Muara Enim kata dia, telah mengonsep Balai Benih Ikan Talang Pangeran di Desa Begedung, Kecamatan Panang Enim sebagai pusat eduwisata sekaligus sentra produksi induk ikan mas dan ikan nila di Kabupaten Muara Enim.

Kemudian Kecamatan Muara Belida sebagai pusat penelitian, pembudidayaan, pengolahan dan pemasaran perikanan air tawar.

Dengan demikian, Kabupaten Muara Enim tidak hanya dikenal unggul sebagai lumbung energi dan pangan saja, namun juga pionir dan terdepan dalam swasembada produksi perikanan.

Dalam kesempatan ini, Pemkab Muara Enim juga berharap KKP dapat membantu pemenuhan kebutuhan penyuluh perikanan, baik ASN maupun penyuluh perikanan bantu yang dirasa masih sedikit di Kabupaten Muara Enim.

KKP juga diharapkan dapat membantu pengadaan bibit ikan bagi nelayan di kampung perikanan Kecamatan Muara Belida.