Dalam 2 Hari, Pasien Positif Covid-19 di Muara Enim Bertambah 43 Orang

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Muara Enim Panca Surya Diharta, Selasa (28/4/2020) di Muara Enim.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Muara Enim mengumumkan penambahan yang cukup signifikan pasien positif Covid-19 selama 2 hari yaitu sebanyak 43 orang.

“Tanggal 4 Agustus bertambah 21 kasus, kemudian 5 Agustus bertambah 22 kasus,” kata Juru Bicara Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Muara Enim, Panca Surya Diharta kepada wartawan, Rabu (5/8/2020).

Baca Juga:

22 kasus baru tersebut berasal dari Kecamatan Muara Enim 8 kasus, Lawang Kidul 13 kasus dan Tanjung Agung 1 kasus. Dengan penambahan 43 pasien baru tersebut, pasien yang ditangani Gugus Tugas Covid-19 Muara Enim kini mencapai 189 kasus.

“Dari 189 kasus, 93 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit maupun dilakukan isolasi, 90 orang sembuh dan 6 orang meninggal dunia,” ujar Panca.

Panca mengatakan, penambahan yang cukup tinggi ini merupakan hasil SOP rumah sakit terhadap pasien yang berobat.

“RS HM Rabain dan RS Bukit Asam Medika mewajibkan rapid test seluruh pasien yang berobat. Hasil rapid test yang reaktif kemudian dilanjutkan dengan swab TCM. Ternyata hasilnya banyak yang positif,” ungkap Panca.

Menurut Panca, Covid-19 di Muara Enim telah menyebar ke masyarakat. Kondisi ini, kata dia, juga dipengaruhi penyakit yang bawaan yang diderita pasien.

Namun, Panca memastikan fasilitas rumah sakit di Kabupaten Muara Eim bagi pasien Covid-19 masih memadai. Kamar khusus yang disediakan untuk pasien Covid-19 baru sebagian terisi, sehingga pihaknya belum berencana untuk melakukan penambahan kamar.

“Fasilitas rumah sakit di Kabupaten Muara Eim masih memadai, tetapi kita juga melihat perkembangan untuk penambahan kamar,” ucapnya.