MTQ Kabupaten Muara Enim, Tak Ada Hadiah Umroh Pemenang Dapat Tambahan Uang Rp 6 Juta

MTQ dibuka oleh Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Pemerintah kabupaten Muara Enim menggelar Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 2021, Senin   (05/04/2021) dipusatkan di halaman kantor Camat Gelumbang

MTQ dibuka oleh Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar. Dalam sambutannya, Nasrun mengatakan  Pemkab Muara Enim memiliki tanggungjawab dan komitmen yang kuat untuk menciptakan Bumi Serasan Sekundang yang Agamis.

Hal tersebut dilakukan melalui usaha-usaha peningkatan sumber daya manusia yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan demi mewujudkan masyarakat dan generasi penerus yang beriman, bertaqwa dan berakhlaktul karimah.

“Salah satu bentuk komitmen PKAB Muara Enim menjadikan Muara Enim Agamis yakni melalui kegiatan MTQ yang kita gelar pada malam ini dan juga rutin kita selenggarakan baik ditingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga Kabupaten, guna memaksimalkan peran dalam menyebarluaskan nilai-nilai agama, khususnya dalam menanamkan rasa cinta dan gemar baca tulis Alquran,” ungkapnya.

Untuk mendukung hal tersebut, selain MTQ, Pemerintah Kabupaten Muara Enim juga telah meluncurkan program khotmil Quran pertama yang diikuti oleh pelajar SD, SMP sederajat, termasuk guru, staf dan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan se- Kabupaten Muara Enim.

“Pelaksanaan MTQ ke – 37 tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 2021 ini mempunyai peran penting dalam penyeleksian para kafilah Bumi Serasan Sekundang untuk mengikuti seleksi tilawatil Quran dan Hadist (STQH) ke – 26 Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021 pada bulan Mei mendatang dan juga MTQ ke-30 Tingkat Provinsi Sumatera Selatan, yang keduanya akan diselenggarakan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur,”ujarnya.

Lanjutnya, melalui ajang ini, Plh Bupati mengajak semua untuk memperbaiki prestasi dan mempersiapkan diri untuk ajang yang lebih besar lagi atau sampai ketingkat Internasional.

“Mari kita perbaiki prestasi dan mempersiapkan diri untuk ajang yang lebih besar lagi karena nantinya diharapkan para kafilah kita mampu berlomba dengan kafilah-kafilah dari kabupaten/kota lain dan selanjutnya dapat pula mengikuti MTQ di tingkat nasional bahkan internasional,”lanjutnya.

Terkait hadiah, dia mengutarakan jika tahun sebelumnya ada hadiah umroh untuk pemenang. Namun kerena ada aturan penerbangan internasional dan aturan di Saudi Arabia tidak menerima ibadah umroh dari negeri kita Indonesia.

“Kami akan menambah hadiah sebesar Rp 6 juta rupiah untuk setiap kategori yang terdiri dari 34 katagori atau sebesar 204 juta rupiah sebagai tambahan bagi para kafilah yang berprestasi berkompetisi dalam nilai-nilai sportivitas yang tinggi karena tentu itu yang lebih penting dari kemenangan yang kita dapatkan pada MTQ kali ini,” tegasnya.

Tak lupa, diakhir sambutannya, HNU mengingatkan dan mengajak kepada seluruh peserta atau semua pihak terkait untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam pelaksanaan MTQ ini.

“Karena seperti kita ketahui penyebaran Covid-19 tidak dapat diketahui kapan dan dimana, peyebaran tersebut hanya dapat diatasi apabila kita mendisiplinkan diri kita sendiri dan membudayakan penerapan Prokes dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” ajaknya.

Ketua Panitia Pelaksana Zulfikar yang juga merupakan Kabag Kesra Setda Kabupaten Muara Enim melaporkan bahwa kegiatan MTQ ke-37 ini akan berlangsung selama 7 hari mulai dari tanggal 4 s/d 10 April 2021. Dikuti sebanyak 404 orang peserta yang berasal dari 22 Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim.

“MTQ ke-37 ini berlangsung selama satu Minggu dengan peserta dari 22 kecamatan dengan jumlah 404 peserta. Nantinya, untuk pemenang lomba di setiap cabang selain akan diikutkan ke tingkat yang lebih tinggi yakni Propinsi,” kata dia.

“Selain itu juga akan langsung diberikan piagam dan uang pembinaan dari Pemerintah Kabupaten Muara Enim yaitu sebesar Rp 5 juta rupiah untuk juara 1 Rp1, 4 juta rupiah untuk juara 2 Rp 2, 3 juta rupiah untuk juara ke-3 dan Rp 2 juta rupiah untuk yang berhasil meraih juara 4 yang terdiri dari 34 kategori perlombaan,”pungkasnya.