Gubernur Sumsel Instruksikan Desa Sediakan Tempat Isolasi Pasien ODP

Gubernur Sumsel Herman Deru meninjau Posko Siaga Covid Provinsi Sumsel. (Foto: Ist)

PALUGADANEWS.com, PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memerintahkan setiap desa di Sumsel agar menyediakan tempat isolasi untuk menampung orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

“Setiap desa di Sumsel saat ini diharapkan memiliki tempat isolasi ODP dan PDP,” kata Herman di Palembang, Minggu (5/4/2020).

Menurut Herman saat ini telah ada desa-desa di Sumsel yang menyediakan tempat isolasi mandiri untuk warganya. Dia berharap hal tersebut dapat dilakukan dengan masif ke daerah lainnya.

Baca Juga:

“Percepatan dibuatnya OPD Center di setiap desa harus didorong peran aktif kepala desa yang ada di wilayah tersebut agar cepat terwujud,” tuturnya.

Selain itu, Herman mengatakan saat ini Pemprov Sumsel juga kabupaten/kota di Sumsel telah melakukan realokasi dan refocusing anggaran sebagai upaya menyiasati dampak ekonomi terhadap masyarakat akibat penyebaran Covid-19.

Pemprov Sumsel juga melakukan sinkronisasi data keluarga penerima manfaat (KPM) agar bantuan yang diberikan tepat sasaran.

“Bantuan tersebut akan segera direalisasikan dalam waktu dekat. Selain bantuan untuk penerima manfaat yang memang telah terdaftar, bantuan itu juga akan digelontorkan untuk masyarakat dengan kategori miskin baru (misbar),” imbuhnya.