PTBA Gelar Seminar Tata Kelola Sampah

Suasana seminar pengolahan sampah di Gedung PTBA Tanjung Enim Selasa (26/10/2016).

Suasana seminar pengolahan sampah di Gedung PTBA Tanjung Enim Selasa (25/10/201P6).

PALUGADANEWS.COM, TANJUNG ENIM — PT Bukit Asam (PTBA) bekerjasama dengan Bank Sampah Barokah (BSB) menggelar menggelar seminar tata kelola dan manajemen penanganan sampah organik & anorganik.

Baca Juga: PTBA Gelar FGD Pengembangan Tanjung Enim Sebagai Kota Wisata

Seminar tersebut dibuka langsung oleh Deputi GM Unit Produksi PTBA Tanjung Enim,  Edwin Budi Satrio, Selasa (25/10/2016) di Gedung PTBA Tanjung Enim, diikuti oleh puluhan unit  Bank Sampah Barokah.

Edwin Budi Satrio  mengatakan, kegiatan itu bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pengolahan sampah baik organik maupun non organik.

Baca Juga: Peluncuran BPR Bersamaan dengan HUT Kabupaten Muara Enim

“Kegiatan ini akan memberikan pemahaman kepada masyarakat dan para stakeholder, agar cepat tanggap dalam pengelolaan sampah,” jelas Edwin.

Edwin melanjutkan, jika dikelola dengan baik, sampah dapat membawa keuntungan ekonomi dan menambah penghasilan bagi masyarakat.

“Kita berharap seminar ini dapat bermanfaat bagi pengolahan sampah di Kabupaten Muara Enim,” harap Edwin.

Baca Juga:  Pemkab Muara Enim Teken MoU dengan Kemenperin, Kembangkan UKM dan Koperasi

Sementara itu, Ketua Bank Sampah Barokah Meidi Rafi Andi, mengatakan kegiatan itu sekaligus peringatan satu tahun berdirinya BSB.

Meidi menceritakan berdirinya BSB satu tahun yang lalu berawal dari kekhawatiran dirinya melihat banyaknya tumpukan sampah yang membahayakan lingkungan dan kesehatan.

Baca Juga: Muara Enim Terima Nusantara CSR Awards 2016

Sementara, lanjut dia, TPA yang ada tidak bisa lagi menampung sampah yang terus dihasilkan oleh masyarakat. Jika masyarakat tidak mulai bertindak mengurangi sampah.

Untuk itu kata Meidi, BSB hadir memberikan pendidikan pengelolan sampah baik anorganik  maupun organik kepada masyarakat sehingga memberi nilai manfaat.

Baca Juga: Ketua Umum PPP Restui Nurul Aman Maju Pilbup Muara Enim

Menurut dia, keberhasilan BSB dalam pengelolaan sampah merupakan hasil kerja keras  seluruh anggotanya sehingga BSB terus bertahan dan semakin besar. BSB membawahi seluruh bank sampah yang ada di Kecamatan  Lawang Kidul dan Kecamatan Tanjung Agung.

“Kami berharap ada tindak lanjut dari seminar ini serta masyarakat Kabupaten Muara Enim tergugah untuk menjadi peserta banjk sampah,” pungkasnya.