Colorful Muara Enim Festival 2020 Kembali Digelar

Pemkab Muara Enim kembali menggelar Colorful Muara Enim Festival (Comefest) 2020.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Setelah sukses melaksanakan even bertajuk Colorful Muara Enim Festival (Comefest) tahun 2019 lalu, Pemkab Muara Enim kembali menggelar kegiatan serupa pada tahun 2020 ini.

Kegiatan ditandai dengan kembali launching Comefest 2020 serta pembukaan Agro Expo 2020, Rabu (26/2/2020) di Lapangan Merdeka, kota Muara Enim.

Baca Juga:

Kegiatan dibuka Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Provinsi Sumatera Selatan Edwar Juliartha mewakili Gubernur Sumsel Herman Deru yang berhalangan hadir didampingi Bupati Muara Enim Juarsah.

Edwar Juliartha dalam sambutannya mengatakan agro expo merupakan sarana demi pengembangan usaha dalam bidang pertanian di Sumatera Selatan ini, sedangkan colorful menjadikan sekaligus momentum untuk melaksanakan kegiatan yang ada di Kabupaten Muara Enim.

“Kegiatan seperti ini merupakan ajang tahunan sebagai usaha untuk meningkatan wisata yang ada di Kabupaten Muara Enim. Sehingga bisa meningkatkan ekonomi bagi masyarakat, kedepan kita bisa memperbaiki lagi pelayanan dalam pemajuan wisata, diharapkan dukungan dari semua pihak, dan ikut andil dalam penyelenggaraan ini,” ujarnya.

Selanjutnya Edwar mengatakan penyelenggaraan Agro Expo ke depannya dapat mendapat manfaat besar untuk Kabupaten Muara Enim khususnya.

“Jangan semata-mata sebagai kegiatan tahunan, tapi mampu menjadi meningkatkan ekonomi kerakyatan serta menurunkan angka kemiskinan yang ada di masyarakat,” urainya.

Sementara itu, Plt. Bupati Muara Enim mengatakan Muara Enim Agro Expo merupakan salah satu upaya untuk menggairahkan dan merangsang petani dalam mengembangkan pembangunan pertanian melalui pameran produk unggulan pertanian di Kabupaten Muara Enim.

“Program swasembada berkelanjutan padi, jagung dan kedelai, bawang merah, cabe dan daging merupakan program nasional dalam rangka memenuhi pangan penduduk, meningkatkan ekspor dan devisa negara serta untuk memenuhi bahan baku industri yang harus didukung oleh semua pihak termasuk para penyuluh pertanian, kelompok tani, pengusaha pertanian dan stakeholder lainnya,” terangnya.

Juarsah menambahkan, Kabupaten Muara Enim tidak dapat dipandang sebeIah mata. Keberhasilan petani andalan dan Kelompok Tani dalam memproduksi pangan merupakan keberhasilan Kabupaten Muara Enim.

Keberhasilan petani andalan dan kelompok tani yang ada di Kabupaten Muara Enim itu menandakan keberhasilan daerah ini dalam meningkatkan produksi pangan.

“Upaya peningkatan peran petani andalan, penyuluh pertanian dan pemberdayaan kelompok tani, kelembagaan ekonomi petani serta pemberian fasilitas kelompok tani terus ditingkatkan guna mendukung produksi pangan, mewujudkan ketahanan pangan dan agrowisata Kabupaten Muara Enim,” ungkapnya.

Juarsah berharap dengan diselenggarakaanya kegiatan ini akan mampu meningkatkan kreatifitas sumber daya lokal yang ada di Bumi Serasan Sekundang.

“Melalui Agro Expo dan Colorful Muara Enim Festival ini menjadi satu persepsi dan satu gerakan dalam pengembangan pertanian, agrowisata dan ekonomi kreatif berbasis sumber daya lokal khususnya sumberdaya pertanian sehingga tercapai masyarakat Muara Enim yang mandiri dan berdaya saing dalam dunia global,” pungkasnya.