Bertambah Lagi, Kasus Covid-19 di Muara Enim Jadi 13 Orang

Ilustrasi virus Covid-19 (Foto: Pixabay)

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Muara Enim bertambah 5 orang, hingga total kasus positif saat ini 13.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Muara Enim, Panca Surya Dinata, mengatakan penambahan kasus baru tersebut empat orang merupakan tenaga medis di RS HM Rabain dan satu orang dari Kecamatan Gunung Megang.

Baca Juga:

“Ada penambahan lima lagi yang terkonfirmasi positif, 4 kasus adalah transmisi lokal yang kontak dengan kasus-kasus sebelumnya dan 1 kasus impor yang sebelumnya dirawat di RS di Palembang,” ungkap Panca dalam keteranganya kepada wartawan, Selasa (19/5/2020).

Kelima pasien baru tersebut adalah kasus 547, perempuan 27 tahun asal Kecamatan Lawang Kidul. Kasus 548, perempuan usia 30 tahun asal Kecamatan Muara Enim.

Kemudian Kasus 550, perempuan usia 40 tahun asal Kecamatan Lawang Kidul. Kasus 551, perempuan usia 47 tahun asal Kecamatan Muara Enim. Kasus 553, perempuan usia 67 tahun asal Kecamatan Gunung Megang.

Panca mengatakan, penambahan kasus Covid-19 dari masyarakat biasa di Gunung Megang ini awalnya pasien dirawat di RS Siti Khadijah Palembang.

“Kasus di Gunung Megang ini saat pasien di rawat di rumah sakit di Palembang, namun meminta pulang. Saat dilakukan tes swab dinyatakan positif Covid-19. Saat ini pasien tersebut sudah dirawat di rumah sakit HM Rabain Muara Enim,” lanjutnya.

Kemudian Panca menjelaskan terkait dengan penambahan konfirmasi positif tim surveilence telah melakukan identifikasi siapa saja yang telah melakukan kontak langsung dengan pasien.

“Dengan adanya penambahn jumlah pasien terkonfirmasi positif di Kabupaten Muara Enim saat ini sebanyak 13 orang dengan rincian 1 sehat, 1 meninggal dan 10 sedang dirawat di RS HM Rabain dan satu orang dirawat di rumah,” jelasnya.

Untuk sampel swab, sampai saat ini yang diperiksa di BBLK Palembang sebanyak 37 sampel. “10 sudah terkonfirmasi positif dan 9 hasilnya negatif, tinggal 22 sampel lagi yang masih proses pemeriksaan,” imbuh Panca.