Bupati Muara Enim Pimpin Upacara HUT Damkar Ke-98

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar memimpin upacara HUT Pemadam Kebakaran ke-98 di halaman kantor Pemkab Muara Enim, Senin (6/3/2017).

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar memimpin upacara HUT Pemadam Kebakaran ke-98 di halaman kantor Pemkab Muara Enim, Senin (6/3/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar hari ini memimpin upacara peringatan hari ulang tahun Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-98 di halaman kantor Pemkab Muara Enim, Senin (6/3/2017).

Muzakir dalam sambutannya mengatakan, saat ini jumlah mobil pemadam kebakaran untuk 20 kecamatan di Kabupaten Muara Enim masih sangat minim.

“Idealnya satu kecamatan itu terdapat satu mobil damkar. Fasilitas itu akan diupayakan terus ditambah namun tidak bisa dilakukan sekaligus tapi secara bertahap akan kita lengkapi,” ujar Muzakir.

Menurut Muzakir, penangangan bencana kebakaran merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota. Untuk itu, lanjut dia, perlu persiapan khusus seperti personel dan fasilitas pendukung untuk memudahkan dan mempercepat proses pemadaman api tersebut.

BERITA LAINNYA:

“Namun kondisi keuangan daerah yang terbatas membuat rencana penambahan mobil damkar terkendala mengingat semua program yang ada sudah kita anggarkan,” terangnya.

Pada kesempatan itu Muzakir menghimbau kepada seluruh personel tim kebakaran di dinas dan perusahaan menjadikan HUT Damkar ini sebagai momentum untuk selalu siap bekerja dalam memberikan pelayanan, pencegahan, pemadaman kebakaran dan penyelamatan terhadap korban kebakaran dan bencana lainnya.

“Petugas damkar untuk selalu siap siaga selama 24 jam sebagai upaya responsif jika terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Muara Enim,” ungkapnya.

Sementara itu, upacara tersebut diikuti ratusan peserta terdiri dari personel Dinas Pemadam Kebakaran Muara Enim, tim pemadam perusahaan di Kabupaten Muara Enim, Polri dan TNI serta pelajar.

Turut hadir dalam upacara tersebut Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan, Danyon 141 Muara Enim, unsur muspida dan kepala dinas di lingkungan Pemkab Muara Enim.

HUT Damkar ke-98 kali ini mengambil tema “Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya”. Kegiatan juga dimeriahkan pertunjukan simulasi pemadaman yang dilakukanoleh tim pemadam gabungan dinas dan perusahaan.